Selasa, 17 Mei 2011

RPP IPA KELAS 3 SD SEMESTER I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah :
Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : III / I
Waktu : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi : I. Makhluk hidup dan proses kehidupan

Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup

Indikator : - Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
- Membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengamatan ciri-ciri.

Tujuan Pembelajaran : Setelah mempelajari materi ini diharapkan siswa dapat :
- Menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup
- Menyebutkan perbedaan makhluk hidup dan makhluk tak hidup
- Membandingkan ciri makhluk hidup dan makhluk tak hidup

Materi Pembelajaran : Ciri - Ciri Makhluk Hidup dan Makhluk Tak Hidup
Ciri - ciri makhluk hidup :
a. Makhluk hidup bernapas
b. Makhluk hidup membutuhkan makanan
c. Makhluk hidup mengalami pertumbuhan
d. Makhluk hidup menerima dan menanggapi rangsangan
e. Makhluk hidup bergerak
f. Makhluk hidup bereproduksi (menghasilkan keturunan).

Ciri - ciri makhluk tak hidup (benda mati) :
a. Tidak bernapas
b. Tidak membutuhkan makanan
c. Tidak mengalami pertumbuhan
d. Tidak mampu menerima dan menanggapi rangsangan
e. Tidak bergerak (diam)
f. Tidak mengalami reproduksi (tidak menghasilkan keturunan).

Metode Pembelajaran :
- Ceramah
- Tanya jawab
- Demonstrasi
- Penugasan.

Langkah – langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awal :
- Guru mengucapkan salam
- Guru mengabsen siswa
- Guru dan siswa bersama - sama menyanyikan lagu “Burung Kakak Tua”


- Guru memberitahukan secara sekilas kepada siswa mengenai tujuan pembelajaran ini agar siswa lebih semangat lagi dalam belajar, sekaligus memberikan motivasi kepada siswa.

Kegiatan Inti :
- Guru meminta siswa untuk mengamati gambar - gambar yang telah tersedia di depan kelas (gambar - gambar manusia, hewan dan tumbuhan dengan berbagai aktivitas, seperti makan, berjalan, berlari, batang tumbuhan yang membengkok ke arah datangnya cahaya, dll).
- Guru meminta siswa menyebutkan ciri - ciri makhluk hidup yang dapat dilihat melalui gambar - gambar tersebut. Kemudian guru meminta siswa untuk menambahkan / melengkapi ciri - ciri lainnya yang mereka ketahui.
- Guru mengoreksi jawaban - jawaban siswa atau pernyataan siswa mengenai ciri - ciri makhluk hidup tersebut kemudian menyebutkan kembali ciri - ciri tersebut dan melengkapinya, serta memberikan contoh konkret kepada siswa agar siswa lebih mudah memahaminya.
Misalnya seperti :
Menjelaskan ciri makhluk hidup :
1. Makhluk hidup bernapas : dibuktikan dengan guru menyuruh siswa untuk menghirup dan menghembuskan udara melalui hidungnya.
2. Makhluk hidup tumbuh : contoh ketika di kelas I tinggi badan dan berat badan siswa tidak sama dengan ketika di kelas III, itu menunjukkan bahwa makhluk hidup mengalami pertumbuhan.

- Guru meminta siswa memperhatikan dan mengamati benda - benda mati di sekitarnya, seperti meja, kursi, papan tulis, dinding, dll.

- Guru menanyakan pada siswa mengapa benda - benda tersebut termasuk benda mati dan memberikan siswa kesempatan untuk menjawabnya.
- Guru menjelaskan kepada siswa mengapa benda - benda tersebut termasuk ke dalam golongan makhluk tak hidup, yaitu dengan menjelaskan ciri - ciri makhluk tak hidup. Antara lain :
1. Makhluk tak hidup tidak dapat bergerak. (Contoh : meja tidak dapat berpindah bila tidak didorong atau ditarik oleh manusia)
2. Makhluk tak hidup tidak dapat bernapas. (Contoh : pintu tidak dapat bernapas)
3. Makhluk tak hidup tidak mengalami pertumbuhan dan tidak membutuhkan makanan. (Contoh : sebuah kursi tidak akan berubah ukurannya, baik itu bertambah besar atau berubah menjadi kecil)

- Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal - hal yang kurang dimengerti atau tidak dimengerti.

- Guru bersama - sama dengan siswa menyimpulkan ciri - ciri makhluk hidup dan ciri -ciri makhluk tak hidup, kemudian guru menyuruh siswa untuk membandingkannya dan menuliskannya di buku catatan.

Kegiatan Akhir :
- Guru menguji ingatan dan pemahaman siswa melalu tanya jawab mengenai ciri - ciri makhluk hidup dan makhluk tak hidup yang telah dibahas sebelumnya.

- Guru memberikan siswa soal – soal evaluasi dan juga tugas di rumah berupa melakukan pengamatan di alam terbuka / daerah sekitar rumah, yaitu mengamati tumbuhan Putri Malu (bila ada di lingkungan rumah siswa), yang mana tumbuhan Puti Malu tersebut akan mangatup/menutup bila disentuh untuk membuktikan ciri makhluk hidup menerima dan menanggapi rangsangan.

Bahan / Sumber Belajar :
- Buku Paket IPA kelas III Penerbit Erlangga
- Gambar – gambar pendukung, yaitu gambar – gambar manusia, hewan dan tumbuhan dengan berbagai aktivitasnya.

Penilaian :
- Tertulis => melalui soal – soal yang diberikan.
- Nontulis => melalui keaktifan siswa di dalam kelas, misalnya dalam tanya
jawab, dll.



Soal – Soal Evaluasi
A. Pilihan Ganda
1. Berikut ini yang tidak termasuk makhluk hidup adalah …..
a. hewan c. manusia
b. udara d. tumbuhan
2. Makhluk hidup memiliki ciri sebagai berikut, kecuali …..
a. makan c. bernapas
b. tumbuh d. diam
3. Alat gerak pada ikan berupa …..
a. sisik c. kulit
b. sayap d. sirip
4. Hewan air pada umumnya bernapas dengan menggunakan …..
a. paru – paru c. insang
b. hati d. jantung
5. Hewan yang bergerak dengan cara terbang ialah …..
a. semut c. kucing
b. burung d. kelinci
B. Lengkapi pertanyaan berikut dengan jawaban yang benar :
1. Batu dan air merupakan contoh makhluk …..
2. Agar tubuh kita tumbuh besar dan tinggi, kita harus makan makanan yang…..
3. Oksigen diperlukan untuk …..
4. Katak bergerak dengan cara …..
5. Akar berfungsi sebagai …..



Kunci Jawaban
A. Pilihan Ganda
1. b. udara
2. d. diam
3. d. sirip
4. c. insang
5. b. burung

B. Uraian
1. Makhluk tak hidup
2. Sehat dan bergizi
3. Bernapas
4. Melompat
5. Tempat menyimpan cadangan makanan.